feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengembangan Aplikasi Semantic Web

Labels:

Pengembangan Aplikasi Semantic Web
Untuk Membangun Web yang Lebih Cerdas

Abstract
The Web, previously only for a repository for text and images, is evolving into a provider of services. Nowadays, the Web acts as information-providing services,such as search engines, flight-booking programs, a variety of e-commerce and B2B applications. However, the Web still has a problem because it is designed
primarily for human interpretation and use. It presents large volumes of information in a format tailored for viewing by people so that machines cannot understand the content of that information and manipulate it meaningfully. This paper discusses Semantic Web envisioned by Tim-Berneers Lee that can be an answer to the problem. Moreover, it discusses the technology behind Semantic
Web such as XML, RDF, OWL. In the last section, we also discuss a Java framework for developing Semantic Web applications called Jena.

Pendahuluan
Website merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat modern sekarang ini, baik itu digunakan untuk melakukan transaksi, penyebaran informasi, maupun pencarian informasi. Website yang memiliki mesin pencari informasi seperti google atau yahoo kini telah menjadi alternatif utama bagi masyarakat modern dalam mencari berita atau informasi.
Namun demikian, walaupun mesin-mesin pencari ini sanggup memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan, seringkali ketepatan dalam mencari informasi tersebut dipertanyakan. Sebagai contoh, saat kita mencari informasi mengenai “Bangau”, mesin pencari akan menampilkan berbagai informasi mengenai “Bangau”, tanpa mempedulikan apakah yang dicari adalah nama burung, nama sekolah, atau bahkan merek suatu produk. Hal ini sebenarnya merupakan
fenomena yang wajar mengingat teknologi informasi di dunia Internet yang belum memiliki mekanisme pengorganisasian data secara terstruktur. Kejadian di atas sama halnya dengan keadaan dimana belum ditemukannya metode pengorganisasian buku-buku di perpustakaan. Sebelum adanya metode pengorganisasian buku yang salah satunya kita kenal dengan nama “Dewey Decimal System”, proses pencarian buku di sebuah perpustakaan akan sangat memakan banyak waktu sekaligus melelahkan. Demikian halnya dengan dunia Internet sekarang ini di mana pencarian informasi seringkali memakan begitu banyak waktu dan sangat melelahkan.
Untuk itulah, para ahli dan peneliti Internet bersepakat untuk mengatasi permasalahan ini. Internet membutuhkan suatu mekanisme yang memampukan komputer mengerti arti kata yang kita cari. Dengan kata lain, kita membutuhkan suatu cara agar kata-kata yang tertera di dalam suatu dokumen Web dapat dibaca dan dimengerti oleh mesin (machine-readable data). Website yang memiliki kemampuan seperti ini seolah-olah memiliki kecerdasan buatan yang sanggup memberikan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan atau kebutuhan para penggunanya.
Para peniliti setuju bahwa Semantic Web merupakan suatu cara untuk melakukan revolusi di dunia Internet yang akan menyatukan interaktifitas pengguna, kolaborasi informasi, dan kecerdasan buatan pada sebuah Website [Joh07]. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Semantic Web, kita akan menelaah secara singkat mengenai berbagai perkembangan yang telah terjadi di dunia Internet sampai dengan saat ini.

Mau Tahu Lebih Lengkap Silakan : Download DiSini



Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment